Pasti udah pada tau kan nih apa itu RPG? yap, Role-playing Game atau biasa disingkat RPG adalah suatu permainan yang dimana kita akan ‘menjadi’ character itu sendiri, bermain dalam cerita didalam game yang didesain sedimikian rupa sehingga kita tidak akan bosan, karena itu dinamakan Role-Playing game atau Indonesianya Permainan Peran.
Siapa sih yang ngga suka RPG? yuki sih suka banget, apalagi game-game dari square enix sejenis Final Fantasy yang sangat ngetren sekali bahkan sampai sekarang, tapi nih, pada penasaran nggak sih? gimana awal mula RPG itu kok tau-tau bisa muncul dan ngehits segitunya, yuki juga penasaran banget :D Alhasil cari-cari informasi yang kali ini yuki bakal share ke kalian semua, tentang sejarah awal mula RPG. 
Bagi gamer yang sekarang sudah berumur 40 tahunan, dan ketika tahun 1980-an sudah bermain game, pasti mengenal nenek moyang atau sesepuh dari game RPG. Game seperti Wizardry, Ultima, dan Dragon Quest menjadi konsep awal lahirnya game RPG seperti saat sekarang ini. wah… yuki belum lahir malah pas tahun itu.. 

Game RPG (Role Playing Game) memulai sejarah panjangnya mulai dari permainan board game ‘Dungeons & Dragons’. Konsep awal permainan, pemain diminta untuk memilih 3 kelas karakter  (fighting-man, magic-user, and cleric sekarang disebutnya warrior, wizard, dan cleric/priest) dari 4 ras (human, dwarf, elf, and hobbit). Dan untuk bermain game ini, pemain diharuskan mengikuti aturan bermain (role playing) seperti layaknya pemainan Monopoli, dan harus membaca buku manualnya yang cukup tebal.

Board game ini cukup diminati oleh kalangan terbatas pada pertengahan tahun 1970-an, dan seiring perkembangannya, game ini menjadi dasar pengembangan ketika permainan RPG ini beralih ke video game, yang bisa dimainkan pada televisi atau komputer.

Era baru permainan RPG muncul ketika komputer dan konsol mulai marak pada tahun 1980-an. Adalah game Wizardy dan Ultima menjadi pelopor lahirnya era RPG pada game komputer dan konsol.

Ultima


Diproduksi pada tahun 1980, game Ultima baru dirilis pada Juni 1981. Dengan nama lengkap ‘Ultima I: The First Age of Darkness‘, game ini pertama kali muncul di negara Amerika. Pada saat itu, game ini bisa hanya bisa dimainkan pada Apple II.

Tahun berikutnya, Ultima I bisa dimainkan pada konsol Atari I (8 bit), dan selanjutnya juga DOS (IBM PC), Commondore, dan NEC PC.

Sebenarnya Ultima I bukanlah game RPG pertama yang muncul di dunia. Game ‘Akalabeth: World of Doom’ bisa dibilang sebagai game RPG pertama di dunia, yang dibuat oleh orang yang sama dengan pencipta Ultima I, yaitu Richard Garriott. Tapi secara komersial dijual dan dikenal gamer, adalah game Ultima.

Cerita Ultima I menjadi patokan untuk semua RPG di masa mendatang, yaitu konsep cerita yang baik mengalahkan yang jahat. Diceritakan karakter yang dipilih pemain (dari elf wizard hingga human warrior) bertugas membasmi seorang tukang sihir jahat di dunia bernama Sosaria.

==========
Next, game RPG mulai masa ketenarannya dengan mulai banyak dibuat oleh para game developer, salah satunya adalah game Wizardy.
Wizardy


Game ini banyak mempengaruhi konsep game RPG yang ada pada konsol dan komputer pada saat itu. Game-game RPG Jepang ternama seperti Dragon Warrior dan Final Fantasy secara terang-terangan mengatakan bahwa Wizardy merupakan ‘bahan percontohan’ bagi game tersebut.

Game ini pertama kali muncul di Apple II pada tahun 1981, dan terjual lebih dari 24.000 copy setahun kemudian. Ditulis dengan bahasa pemograman Pascal, game ini nantinya juga menjadi cikal bakal lahirnya game Dungeon & Dragon, serta game Might and Magic.

Game dimulai dengan pemain memilih beberapa karakter dari 5 ras (Humans, Elves, Dwarves, Gnomes, Hobbits), 3 jenis karakter (Good, Neutral, Evil), dan 4 kelas (Fighter, Priest, Mage, Thief). karakter akan bisa berganti menjadi kelas elit jika sudah mencapai tahap tertentu.

Setelah itu pemain harus menjelajahi dungeon yang ada pada bawah istana bernama Trebor. Ada 10 tingkat dungeon yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi di setiap levelnya.

Grafis game ini sangatlah sederhana, yang intinya kalau kita membandingkannya dengan game paling jelek sekalipun, masih terlihat sangat jelek.

==========

Selanjutnya adalah awal munculnya game RPG di Jepang, yang akhirnya melahirkan game ternama seperti Final Fantasy. Konsep game RPG Jepang banyak dipengaruhi oleh game RPG dari barat pada awalnya, hingga akhirnya mereka bisa mengkombinasikan dengan konsep sendiri.

Adalah Enix (sekarang Square Enix) yang pertama kali membuat game RPG di Jepang pada tahun 1986. Game pertama RPG Jepang adalah Dragon Quest yang muncul di konsol Famicom (NES). Setahun berikutnya, yaitu tahun 1987 baru Final Fantasy lahir dan menjadi tren di dunia konsol.

* Info: Denger-denger kabar nih, tahu nggak kalau sebenarnya Final Fantasy versi paling pertama itu adalah proyek square enix yang terakhir, karena satu dan berbagai hal… namun roda bisa berputar kan? dan Final Fantasy menjadi sangat populer yang bahkan menjadi penyelamat square enix dan akhirnya mereka melanjutkan final fantasy sampai versi sekarang yang benar-benar dengan grafis dan storyline yang ‘wah’.

Game RPG Jepang tidak perlu waktu lama untuk menjadi populer dan disukai oleh para Gamer Jepang. Ketika Dragon Quest dirilis untuk pasar global, mereka juga menuai kesuksesan di Eropa dan Amerika.

Sukses ini membawa Enix untuk lebih fokus lagi untuk memproduksi game RPG, dan bisa dibilang perusahaan ini adalah spesialis pembuat RPG. Final Fantasy adalah karya terbaik mereka, yang menjadi tren hingga sekarang kalau berbicara soal RPG.

Final Fantasy sendiri telah terjual lebih dari 100 juta copy, dan memegang 7 buah Guinness World Record. Inovasi, tampilan visual, gameplay dan cerita yang baik di beberapa serinya seperti Final Fantasy VII, menjadikan franchise ini adalah RPG terbaik sepanjang masa.

Era pertengahan tahun 80-an merupakan masa jayanya game konsol Jepang yang akhirnya bisa ‘menjajah’ seluruh dunia. Nintendo dan Sega merupakan pemain yang sukses di era itu, hingga akhirnya harus dikalahkan oleh Sony lewat Playstation di tahun 90-an.

Laris manisnya konsol juga membuat RPG menjadi game wajib bagi para pemiliknya. Memang pada saat ini RPG sudah berkembang banyak setelah lahirnya konsep MMORPG. Tapi yang patut diperhatikan adalah hingga saat ini hampir semua RPG tetap memakai ‘pakem’ dari para pendahulunya.

=====
MMORPG
Ragnarok Online
Selanjutnya kita akan membahas tentang MMORPG, MMORPG adalah sebuah singkatan dari ‘Massively Multiplayer Online Role-Playing Game‘ atau memainkan game bersama ribuan pemain lainnya. Game online ini dimainkan dengan komputer atau laptop.
Game online bergenre MMORPG memiliki pengemar yang sangat banyak banyak. Sebenarnya kapan game bergenre ini diciptakan? Siapa pencetusnya?

Istilah MMORPG pertama kali dibuat oleh Richard Garriott. Richard menggunakan istilah MMORPG ketika dia meluncurkan gamenya yang berjudul  ‘Ultima Online’ pada tahun 1997. Padahal sebelum Richard mencetuskan istilah ini, game pertualangan online yang dimainkan oleh banyak orang biasanya disebut dengan MUD. Ketika membicarakan sejarah game online MMORPG, kita tidak boleh merupkan MUD karena cikal bakal MMORPG adalah game MUD seperti Mazewar (1974) dan MUD1 (1978).
Neverwinter Nights
Tidak lama kemudian, terciptalah sistem ‘Sierra Network’ yang dikembankan oleh Sierra On-Line pada tahun 1989 yang merupakan sistem pemainan masal game online yang pertama di Amerika. Game online yang menggunakan sistem ini sangat beragam. Game online pertama yang menggunakan grafis canggih dengan sistem pemainan masa dan bergenre RPG adalah ‘Neverwinter Nights’yang dikeluarkan pada tahun 1991 secara online oleh AOL. Setelahnya muncullah game ‘The Shadow of Yserbius’ (1992), ‘The Fates of Twinion’ (1993) dan ‘ The Ruins of Cawdor’ (1995) sebagai generasi game online masal RPG.
Game online MMORPG yang dikenal sekarang dimulai sejak tahun 1996. Dimana tahun ini, game online yang terkenal adalah ‘Meridian 59’. Game ini menyuguhkan 3-D karakter yang terlihat lebih hidup. 3-D karakter sudah banyak digunakan pada Game online MMORPG sekarang.
Meskipun ‘Meridian 59’ merupakan pencetus game online MMORPG dengan kualitas modern yang kita kenal sekarang, banyak orang menganggap ‘Ultima Online’ (1997) sebagai game pertama yang mempopulerkan genre ini karena game ‘Ultima Online’ lebih terkenal.
Sekarang, begitu pesatnya teknologi berkembang, mulai bermunculan berbagai MMORPG seperti Ragnarok Online, Seal Online, Rising Force, Dragon Nest, Perfect World, dan lainnya

Sumber: LigaGame

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top